malam terakhir di jatinangor untuk tahun 2009

my life still goes on...

hidup itu indah kalau kita memaknai dan menikmati hidup kita
menikmati ? dengan cara apa?
kita harus melakukan apa yang kita suka tapi kita pun harus berani mempertanggungjawabkan hal itu
menikmati bukan berarti hidup seenaknya, semau kita
menikmati harus melakukan hal yang berarti yang kitapun sukai :)

4 bulan di jatinangor mengajarkan begitu banyak hal bagi gue yang dulunya keras kepala, sok mandiri, dan borosnya gak ketulungan

dan inilah hal yang gue dapatkan di jatinangor :

* jangan cepat puas sama diri sendiri ! di atas langit masih ada langit ..

yaa gue sadar kalo gue gak boleh terlalu pede sama prestasi yang mungkin pernah gue raih dulu jaman SMP dan SMA. di sini semuanya berbeda, gue ketemu sama orang-orang dengan begitu banyak karakter dan ternyata.. begitu banyak prestasi dan kemampuan pula.
terkadang gue jadi berpikir "gue kok miskin prestasi dan kemampuan banget sih?". soalnya setelah dilihat-lihat gue gak punya skill yang advanced. gue hanya sekedar tau di beberapa bidang.
tapi gue belajar kalo kita gak boleh langsung menyerah juga. justru hal itu harus kita jadiin motivasi supaya kita bisa jadi lebih berkembang lagi :)
orang yang lebih di atas kita bukanlah penghalang kita untuk lebih maju. gak ada kata terlambat kok untuk belajar dan berprestasi.
"usia tidak menjadi penghalang untuk berprestasi"
tio prakusodewo (kalo ga salah gitu namanya) di piala FFI 2009



* keMALASan itu penghalang terbesar dan peNYESALan datangnya benar2 terlambat

kalo dari pagi udah malas, pasti kacaulah aktifitas kita seharian dan gue sering banget mengalaminya !! absen gue bolong-bolong karna maless bangun pagi. tugas gak ngumpul. rapat gak ikut dan akhirnya di denda. gak ikut quiz.. aaahhhh !! sedihnya... akhirnya gue harus kebut2an di akhir semester selesaikan semuanyaa...
itu hal terbesar yang paling gue sesalkan selama 4 bulan di jatinangor jadi anak kuliahan. keMALASan gue sama sekali gak terbendung T.T itulah yang harus gue UBAH dari hidup gue..


* tidak ada kata KEBETULAN atas segala yang terjadi

semua yang terjadi di hidup gue itu bukanlah kebetulan. gue percaya kalau semuanya itu terjadi karena rencana besar Tuhan dalam diri gue. gue menghadapi banyak tantangan dan cobaan di sini pun itu karena Tuhan mau membuat gue lebih kuat menghadapi hidup gue milik gue. yang sekarang belum gue temukan adalah apa rencana Tuhan buat gue? gue seakan percaya tapi tanpa tujuan. kata seorang hamba Tuhan, kita harus menemukan rencana Tuhan dalam hidup kita. i'm trying hard, dan itulah yang bikin gue amat sangat bimbang.
keinginan untuk pindah dan gak betah sama sekali gak bisa di hapus dari otak gue. gue merasa gak punya alasan untuk bertahan disini kecuali karena gue MALAS mengulang segala sesuatunya dari awal.
tapi bagaimanapun gue tetap percaya itu soal rencana Tuhan. hanya aja gue merasa belum bisa memahami apa yang sebenarnya harus gue lakukan sehingga hati gue belum solid untuk menjalani semua ini dengan sukacita. :(

* mencari SEORANG SAHABAT itu AMAT SANGAT SULIT !

gue gak tau apa gue yang terlalu introvert atau emang mereka yang nyebelin, yang pasti gue gak menemukan seorangpun yang gue nyaman untuk dianggap sahabat. begitu anehnya gue yaa.. di sini gue bertemu dengan orang yang punya berbagai macam kepribadian dan karakter. entah gue mungkin masih terbayang-bayang sama kenangan masa SMA gue di mana gue bisa menemukan BANYAK SAHABAT dan gue begitu sayang sama mereka. apalagi gue termasuk orang yang susah dekat sama orang lain. dan itulah yang juga jadi tantangan gue, untuk menemukan orang yang bisa gue ajak berbagi cerita, berbagi canda, dan berbagi airmata. gue belum menemukan siapapun yang menurut gue cocok dan bisa mengerti keadaan gue.. yang dekat sih ada, tapi jujur terkadang di dalam hati gue gak bisa menerima beberapa perlakuan mereka sama gue.
tapi apapun yang terjadi, gue thanks to God karena beberapa orang ini udah menemani hari-hari gue di jatinangor.
yah dan selalu kesimpulannya, masih belum ada yang bisa menggantikan 5th gen di hati gue + sahabat terbaik gue dari SMP. mereka masih the best.


*selama ini gue hidup terlalu 'ENAK' dan di jatinangorlah gue baru bisa merasakan gimana namanya orang BERTAHAN HIDUP !

pelajaran yang amat sangat penting yang Tuhan kasih ke gue setelah masuk Unpad Jatinangor adalah soal managemen hidup khususnya uang ! gue menemukan kesalahan hidup gue dari kecil sampai SMA beserta lingkungan gue, yaitu gue selalu hidup di lingkungan orang berada, yang anak2nya mampu beli semua yang mereka inginkan, mampu kemana aja sesuai hati mereka mau. tapi di jatinangor gue belajar kalo itu bukanlah yang namanya HIDUP.
gue pernah shock sama teman gue yang rela pergi fotokopi rada jauh cuma gara2 fotokopinya lebih murah 100 PERAK ! trus gue belajar kalo sebenarnya selama ini gue hidup foya-foya banget ya. dulu kalo jalan makan selalu di foodcourt atau solaria, sekarang karena gue anak kost, gue cari abang2 di pinggir jalan. dan walaupun lagi jalan2 weekend yang biasanya bikin gue boros, gue jadi gak boros karena menurut salah seorang temen gue solaria itu mahal. trus juga setelah beberapa kali ngobrol sama teman, dan mereka menyebut sejumlah uang dan mereka bilang mereka boros banget karena uang segitu udah abis dalam seminggu. sedangkan gue? selama ini uang segitu bahkan untuk seharipun abisss !! OMG. temen gue juga ada yang pernah shock berat pas ngeliat harga baskin robins (padahal gue SELALU beli eskrim itu).
itulah yang sebenarnya, gue belajar kalo hidup gue selama ini terlalu enak, dengan mudahnya bisa punya barang-barang yang gue inginkan, minta duit sama ortu buat beli ini itu. gue gak pernah ngerasain gimana namanya hidup minta ini gak bisa, itu gak bisa...
yang pasti disinilah gue melihat semuanya lebih jelas, ternyata sekolah di tempat swasta terlalu lama juga gak baik buat gue .. hehehe


yaaahh sebenarnya masih banyak banget hal yang gue dapat di jatinangor. tapi tangan gue capek banget ngetiknyaaaa.....

btw besok gue ujian DDIS dan gue belum belajar sama sekalii ....

besok juga gue ke JAKARTA :)
lusanya pulang ke MANADO dehh..

i can't wait for CHRISTMAS ^^